18 Oktober 2014

PENGERTIAN, PERKEMBANGAN DAN TREND MASA DEPAN TELEMATIKA

PENGERTIAN TELEMATIKA

Telekomunikasi dan Informatika atau yang biasa dikenal dengan Telematika diadopsi dari Bahasa perancis yaitu Telematique yang dapat diartikan sebagai bertemunya suatu sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Telematikan merupakan perpaduan dari konsep Computing and Communication yang dikenal sebagai The new Hybrid Technology yang lahir karena perkembangan teknologi digital.

PERKEMBANGAN TELEMATIKA

Telematika lahir karena perkembangan teknologi telekomunikasi untuk tukar menukar data dengan mudah antar komputer. Saat ini banyak bidang yang memanfaatkan telematika, seperti komunikasi dengan telepon, radio dan media lainya hingga sistem navigasi GPS.
Di Indonesia sendiri, telematika mengalami tiga periode perkembangan yang berdasarkan fenomena di masyarakat. Berikut periode perkembangan telematika di Indonesia :
1.  Periode Rintisan. Berlangsung pada tahun 1970 – 1980. Karena perhatian dan pasokan listrik yg minim, Indonesia tidak terlalu mengindahkan perkembangan telematika.
2. Periode Pengenalan. Berlangsung tahun 1990-an. Teknologi telematika semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia seiring dengan semakin maraknya penggunaan komputer, internet, pager, handphone, siaran radio, dll.
3.  Periode Aplikasi. Dimulai tahun 2000. Tahun 2000-an adalah awal dari era millennium. Dengan Indonesia mengalami pertumbuhan yang cukup pesar dalam sector selluler dan FWA, maka pemerintah mengeluarkan keputusan presiden untuk mendukung perkembangan telematika di Indonesia.

TREND MASA DEPAN TELEMATIKA

Trend perkembangan telematika dimasa depan akan berkembang pesat seiring dengan berkembangnya teknologi informasi. Untuk saling berhubungan antara satu sama lain akan semakin mudah dengan berkembangnya telnologi telematika. Sebagai contoh teknologi yang lahir karena perkembangan teknologi telematika ini adalah peralatan elektronik yang dapat dikendalikan dengan gerak tubuh. Seperti menyalakan lampu dengan tepukan tangan dan lain sebagainya. Yang paling dekat adalah teknologi dari Samsung yang diberi nama SmartHome.

Referensi : 
Ref 1
Ref 2
Ref 3
Ref 4
Ref 5
Ref 6
Ref 7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar