24 November 2014

INDONESIAKU

17 Agustus 1945. Pada hari itulah Indonesia mendeklarasikan kemerdekaanya setelah berhasil lepas dari belenggu penjajah. Belanda dan jepang bergantian menjajah Indonesia karena kekayaan alam Indonesia yang melimpah. Belanda lebih dulu menjajah Indonesia 350 tahun lamanya, kemudian diikutin oleh jepang yang menjajah Indonesia selama 3,5 tahun.
Menurut sejarah, justru jepanglah yang terkenal kejam dalam menjajah Indonesia dibandingakan belanda. Walaupun belanda lebih lama dengan 350 tahun menajajah Indonesia, tetapi rakyat Indonesia lebih sengsara saat masa penjajahan jepang.
Karena tidak ingin terus menurus berada dalam belenggu penjajah, akhirnya beberapah tokoh kemerdekaan Indonesia berencana untuk memproklamirkan kemerdekaan Indonesia saat jepang sedang krisis akibat dari bom atom yang dijatuhkan amerika di kota Hiroshima dan Nagasaki.

Tokoh utama kemerdekaan Indonesia soekarno dan hatta membacakan naskah proklamasi kemerdekaan setelah sebelumnya mereka di tangkap oleh pemuda untuk mempersiapkan proklamasi kemerdekaan. Hanya dalam sehari naskah proklamasi berhasil dibuat dan diketik yang kemudian dibacakan oleh Soekarno dan Hatta didepan ribuan rakyat Indonesia yang menunggu detik-detik kemerdekaan. Ya, 17 Agustus 1945 itulah hari dimana bangsa Indonesia untuk pertama kali merasakan kemerdekaanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar