6 April 2014

TUGAS KOMPUTASI BAHASA 1

Bahasa dan Komputasi (Teknologi Informasi)
            Bahasa adalah sistem terstruktur yang memiliki makna untuk mencapai suatu tujuan. Bahasa merupakan sumber daya bagi manusia. Dengan bahasa, setiap manusia dapat saling berinteraksi dan dapat mengerti satu sama lain. Untuk dapat mengerti maksud dari setiap manusia, maka digunakanlah bahasa sebagai alat penghubung antar manusia.
            Komputasi adalah salah satu teknik untuk memecahkan masalah dari data input dengan menggunakan algoritma. Secara umum ilmu komputasi memfokuskan pada penyusunan model matematika, teknik penyelesaian numeric dan penggunaan komputer. Pada zaman dulu penghitungan komputasi dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas. Namun pada zaman modern seperti sekarang, komputasi telah dilakukan dengan menggunakan komputer.
            Dari pengertian bahasa dan komputasi tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahasa dan komputasi memiliki keterkaitan satu sama lain dalam bidang teknologi informasi. Dalam dunia teknologi informasi banyak sekali bahasa-bahasa pemrograman yang berkembang. Dengan demikian dibutuhkan kemampuan untuk dapat menerjemahkan bahasa komputer dalam suatu aplikasi agar dapat dimengerti oleh bahasa mesin.

Perangkat Lunak dan Kebahasaan
            Perangkat lunak adalah program komputer yang berfungsi sebagai alat untuk berinteraksinya user dengan hardware komputer. Dengan bantuan perangkat lunak ini user dapat berinteraksi dan menggunakan komputer dengan mudah karena bahasa-bahasa mesin komputer telah diterjemahkan ke dalam bahasa manusia.
            Dalam membuat perangkat lunak tentunya dibutuhkan programmer-programmer yang dapat menterjemahkan bahasa manusia kedalam bahasa computer atau sebaliknya. Hal ini karena dalam pembuatan suatu perangkat lunak digunakan berbagai macam bahasa pemrograman. Suatu perangkat lunak dapat berjalan sesuai dengan intruksi yang diterapkan apabila terjadi kepaduan antara tatabahasa dalam bahasa pemrograman. Dengan demikian perangkat lunak tersebut dapat berguna bagi user dalam menyelesaikan masalah.

SUMBER :

http://www.mlarik.com/2013/07/pengertian-software-komputer-perangkat-lunak.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar