Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas 2 dari 3 tim
pabrikan yang berlaga di MotoGP, yaitu Yamaha Factory Racing dan Ducati Team
MotoGP. Kali ini saya akan membahas tim pabrikan terakhir yaitu Repsol Honda
Team.
Repsol Honda Team adalah tim terkaya di pentas MotoGP. Pengaruh
dari tim ini pun sangat besar terhadap keputusan Dorna selaku penyelenggara
MotoGP. Tim yang mengandalkan 2 pembalap asal Australia dan juga spanyol, Casey
stoner dan Dani Pedrosa ini merupakan tim tersukses sepanjang sejarah MotoGP.
Casey Stoner yang notabene merupakan 2 kali juara dunia
motogp (2007 dan 2011) direkrut dari Team Ducati pada 2011. Di tahun pertamanya
membela Repsol Honda, Stoner langsung mempersembahkan gelar juara dunia bagi
Honda setelah terakhir kali didapatkan Honda pada 2006 melalui Nicky Hayden. Banyak
kemenangan yang telah diberikan stoner untuk Repsol Honda.
Sedangkan rekan setimnya Dani Pedrosa merupakan mantan juara
dunia GP 250 cc yang direkrut Honda sejak 2006 ini belum mempersembahkan gelar
juara dunia bagi Repsol Honda walaupun penampilannya dinilai cukup gemilang.
Repsol Honda menggunakan motor Honda RC213V dengan mesin
1000cc mengikutin peraturan motogp terbaru. Kelebihan dari motor ini terletak
pada powernya yang cukup besar sehingga cukup mumpuni untuk beradu di trek
lurus dan juga di sokong dengan handling yang yahud sehingga membuat motor ini
terasa sempurna.
Berikut spesifikasi Honda RC213V :
Engine
features:
Four stroke liquid cooled
pneumatic valve engine, V4 ,DOHC 4
Displacement:
Up to 1000 cc
Tenaga
maksimum:
lebih dari 250 tenaga kuda
Kecepatan
maksimum:
Over 350 km/j
Gearbox:
Six speed “seamless”
cassette type gearbox with alternative optional ratio
Kopling:
Fully adjustable multi plate
slipper clutch
Exhaust:
Arrow Titanium line
Panjang
keseluruhan:
2050mm to 2070mm tergantung
sirkuit
Tinggi
keseluruhan:
1125mm
Lebar
keseluruhan:
645mm
Berat:
157kg
Chassis
Features:
Aluminium twin spare frame
Fully
adjustable steering and geometry
Fully
adjustable HRC magnesium triple clamp
Garpu
depan:
Fully adjustable Öhlins TRVP25
diam 48mm upside down
Suspensi
belakang:
Fully adjustable Öhlins TRSP44
Rem
depan:
Nissin 4 pistons caliper, 320mm
Nissin carbon disc
Rem
belakang:
Nissin Twin piston caliper,
196mm Yutaka steel disc
SUMBER : http://www.bisnis.com/articles/moto-gp-ini-dia-spesifikasi-honda-rc213v
Tidak ada komentar:
Posting Komentar