1 April 2015

PENGERTIAN ETIKA, PROFESI, TEKNOLOGI INFORMASI, DAN PROFESI DI BIDANG TI

Pengertian Etika :

Etika berasal dari bahasa Yunani kuno, yaitu dari kata "ethos" yang berarti adat kebiasaan, cara berfikir, akhlak, sikap, watak dan cara bertindak. Etika adalah ilmu yang mempelajari soal kebaikan dan keburukan di dalam hidup manusia, terutama yang mengenai gerak gerik pikiran dan rasa yang merupakan pertimbangan dan perasaan sampai mengenai tujuanya yang merupakan perbuatan.
Terdapat dua macam etika, yaitu etika deskriptif dan etika normatif. Etika deskriptif adalah etika yang menelaah secara kritis dan rasional tentang sikap dan perilaku manusia serta apa yang dikejar oleh setiap orang dalam hidupnya sebagai sesuatu yang bernilai. Sedangkan etika normatif adalah etika yang menetapkan berbagai sikap dan perilaku yang ideal dan seharusnya dimiliki manusia dan apa yang seharusnya dijalankan manusia.

Pengertian Profesi :

Profesi berasal dari bahasa latin, yaitu dari kata "professio" yang berarti janji dan pekerjaan. Profesi adalah pekerjaan yang membutuhkan pelatihan dan penguasaan terhadap suatu pengetahuan khusus. Profesi merupakan kelompok lapangan kerja yang khusus melaksanakan kegiatan yang memerlukan keterampilan dan keahlian tinggi guna memenuhi kebutuhan yang rumit dari manusia. 
Profesi merupakan bagian dari pekerjaan, namun tidak setiap pekerjaan adalah profesi. Sebagai contoh seorang petugas staf administrasi bisa perasal dari berbagai latar ilmu, namun tidak dengan akuntan, dokter, pilot yang membutuhkan pendidikan khusus.

Profesi di Bidang IT

Seorang pelaku profesi harus memiliki 3 sifat utama, yaitu menguasai ilmu secara mendalam di bidangnya, mampu mengkonversi ilmu menjadi keterampilan, dan menjunjung tinggi etika dan integritas pfofesi. Menjalankan profesi harus dengan profesional. Profesional adalah orang yang menjalankan profesinya secara benar menurut nilai-nilai normal. Untuk menjadi orang yang professional, diperlukan komitmen, tanggung jawab, kejujuran, sistematik berfikir, penguasaan materi dan menjadi bagian masyarakat professional. Secara umum, pekerjaan di bidang IT atau teknologi informasi dibagi menjadi 3 kelompok sesuai bidangnya. Kelompok tersebut yaitu Computer Engineering, Computer System & Networking System, dan Software Development & Consulting.

Computer Engineering :
Bidang ini adalah yang paling bersifat konkrit karena tujuan akhirnya adalah menghasilkan produk yaitu sebuah Komputer atau sebuah peripheral. Computer engineering berkaitan dengan desain, pengembangan dan testing hardware komputer / peripheral dari mulai teknologi semikonduktor, mikroprosesor, circuit, interfacing hingga pengembangan embedded software dalam sebuah mikrokontroler.

Computer System & Networking System :
Bidang ini berkaitan dengan desain, implementasi dan pemeliharaan infrastruktur jaringan computer baik LAN maupun WAN, teknologi server hingga optimasi serta administrasi sistem komputer.

Software Development & Consulting :
Bidang profesi ini menghasilkan informasi yang berguna oleh user, dimana informasi ini berfungsi untuk mengoptimalkan berbagai macam pekerjaan.

SUMBER :
http://www.academia.edu/5543040/Pengertian_Etika
http://www.pengertianahli.com/2013/10/pengertian-etika-menurut-para-ahli.html#_
http://definisimu.blogspot.com/2012/10/definisi-profesi.html
https://azenismail.wordpress.com/2013/06/04/pengertian-profesi-dan-profesionalisme/
https://tithagalz.wordpress.com/2012/03/31/profesi-profesi-dalam-bidang-ti/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar