3 Oktober 2013

RAGAM DAN LARAS BAHASA

     Ragam bahasa adalah variasi bahasa yang berbeda-beda yang disebabkan karena berbagai faktor yang terdapat dalam masyarakat. Faktor tersebut meliputi usia, pendidikan, agama, bidang kegiatan dan profesi, latar belakang budaya daerah, dan lain sebagainya. Dalam bahasa Indonesia pun terdapat ragam yang dibagi menjadi tujuh ragam bahasa. Berikut ini adalah ragam yang terdapat dalam bahasa Indonesia :

Ragam Bahasa Perseorangan, merupakan ragam yang dimiliki oleh individu. Ragam ini merupakan ciri khas dari individu dalam berbahasa.

Ragam Bahasa Kelompok Masyarakat Wilayah tertentu, merupakan ragam yang digunakan oleh sekelompok masyarakat dari satu wilayah tertentu. Ragam dari satu wilayah dengan wilayahnya dapat berbeda-beda. Seperti ragam bahasa masyarakat jawa tentunya akan berbeda dengan ragam bahasa masyarakat medan.

Ragam Bahasa Kelompok Sosial, merupakan ragam bahasa yang digunakan oleh masyarakat sosial yang berbeda. Seperti ragam bahasa masyarakat terdidik tentunya berbeda dengan masyarakat yang tidak terdidik.

Ragam Bahasa Suatu Bidang, merupakan ragam yang digunakan oleh seseorang atau kelompok pada bidang tertentu. Seperti ragam bahasa seorang dokter tentunya berbeda dengan ragam bahasa seorang sastrawan.

Ragam Bahasa Formal, merupakan ragam bahasa yang digunakan dalam situasi resmi. Bahasa yang digunakan biasanya adalah bahasa yang baku. Ragam bahasa ini digunakan dalam situasi resmi seperti rapat, pidato, wawancara, dan lain sebagainya.

Ragam Bahasa Informal, merupakan ragam bahasa yang tidak resmi. Dalam hal ini tata cara berbahasa yang baik banyak dilanggar. Ragam bahasa ini biasa digunakan dalam kegiatan pertemanan dan hal-hal yang bersifat informal.

Ragam Bahasa Lisan, merupakan ragam bahasa yang menggunakan mimik, gerak anggota tubuh dan intonasi dalam berbahasa.

       Pada saat digunakan sebagai alat komunikasi, ragam bahasa masuk kedalam beberapa laras sesuai fungsinya. Jadi, Laras Bahasa adalah ragam bahasa yang digunakan untuk suau tujuan atau konteks sosial tertentu. Dalam arti lain laras bahasa merupakan suatu variasi bahasa yang mempunyai ciri-ciri khusus dalam penggunaanya mangikuti bidang. Bidang yang dimaksud meliputi iklan, sastra, ilmiah, komik, cerpen, puisi, dan lain sebagainya. Tentunya semua bidang tersebut memiliki larasnya masing-masing dalam berbahasa.

       Dalam aplikasi di masyarakatnya, ragam dan laras bahasa dapat digunakan oleh setiap individu tergantung situasi, kondisi dan tempat individu itu berada. Contohnya dalam ruang kelas seorang siswa dapat menggunakan ragam dan laras bahasa yang berbeda saat berkomunikasi dengan dosen dan berkomunikasi dengan teman sekelasanya. Dalam berkomunikasi dengan teman sekelasnya pun dapat berbeda-beda laras dan ragam yang digunakannya. Mungkin ada teman sekelas yang berasal dari wilayah yang sama, maka saat itu mereka saling berkomunikasi dengan ragam dan laras bahasa dari wilayah asal mereka. 


SUMBER : 

1 komentar:

  1. trima kasih sdh mencantumkan link blog'ku... Jangan bosan2 berkunjung ke blog'ku ya gan...

    BalasHapus