3 Oktober 2013

PERAN DAN FUNGSI BAHASA

        Bahasa adalah sarana yang digunakan sebagai alat komunikasi dan mengekspresikan diri agar kita dapat bersosialisasi dengan lingkungan. Sebagai alat komunikasi, bahasa memiliki peranan yang sangat vital dalam kehidupan. Dalam bermasyarakat pasti setiap individu saling melakukan interaksi antar individu lainnya, disinilah  peran dan fungsi bahasa terlihat. Bahasa digunakan sebagai penunjang agar sesama masyarakat dapat saling berkomunikasi dengan baik. Tanpa adanya bahasa, mungkin tidak aka nada interaksi diantara manusia-manusia di dunia. Tanpa adanya bahasa, dunia mungkin akan terasa aneh karena tidak ada individu-individu yang saling berkomunikasi.

Bahasa memiliki peranan vital dalam hal menumbuhkan rasa persatuan antar masyarakat. Dalam satu Negara dapat terdiri dari beberapa bahasa yang berbeda. Contohnya Indonesia, di Indonesia ada banyak sekali bahasa-bahasa daerah. Mulai dari bahasa sunda, jawa, betawi, dan lain sebagainya. Selain itu banyak juga suku-suku daerah yang menggunakan bahasa yang berbeda. Untuk mempersatukan keberagaman bahasa dan suku yang memiliki bahasa daerah masing-masing, maka ada satu bahasa persatuan yang digunakan, yaitu Bahasa Indonesia. Dengan bahasa Indonesia ini setiap suku-suku di Indonesia dapat berkomunikasi dengan baik tanpa terjadinya kesalahpahaman diantara mereka.

Selain sebagai alat pemersatu bangsa, bahasa juga berfungsi sebagai alat untuk berfikir. Dalam proses berfikir, bahasa selalu hadir bersama logika untuk merumuskan konsep, proposisi dan simpulan. Dengan demikian, semakin tinggi kemampuan seseorang dalam berbahasa maka semakin tinggi pula pola berfikirnya. Semakin teratur bahasa seseorang, maka semakin teratur juga pola pemikirannya.

Dalam aplikasinya di masyarakat, biasanya peran dan fungsi bahasa lebih terlihat pada suatu wilayah yang memiliki penduduk dari beberapa wilayah. Seperti di jakarta misalnya, masyarakat jakarta lebih memilih menggunakan bahasa indonesia karana dijakarta terdiri dari masyarakat yang berasal dari wilayah yang berbeda.

SUMBER :

http://sugiartha26.wordpress.com/2012/10/06/fungsi-dan-peranan-bahasa-indonesia-dalam-kegiatan-sehari-hari/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar