16 November 2012

Sedikit Tentang Intel


Saat pertama kali perusahaan Intel didirikan, Gordon Moore dan Robert Noyce awalnya mengusulkan gabungan nama mereka untuk dijadikan nama perusahaan: Moore Noyce. Namun mereka buru-buru mengurungkan niatnya menggunakan nama itu karena nama Moore Noyce seolah terdengar seperti “more noise” (lebih berisik). Moore dan Noyce memutuskan untuk menggunakan sebutan INTegrated ELectronics atau disingkat menjadi “Intel” sebagai nama perusahaan.

Intel tumbuh setelah melewati beberapa fase yang berbeda. Pada masa awal didirikannya, Intel hanya dikenal karena kemampuannya membuat semikonduktor, dengan produk utamanya adalah chip Static Random Access Memory (SRAM).

Setelah Intel menciptakan mikroprocessor pertamanya pada tahun 1971 dan salah satu dari mikrokomputer pertamanya di tahun 1972, bisnis Intel lebih didominasi oleh produk chip Dynamic Random Acces Memory (DRAM). Namun persaingan antara produk semikonduktor dari Intel dengan semikonduktor buatan Jepang telah menurunkan pendapatan Intel secara dramatis pada tahun 1983.

Setelah tahun 2000, permintaan pasar terhadap mikroprocessor high-end mulai menurun dan kompetitor Intel mulai membidik pasar processor low-end dan mid-end, disinilah masa-masa di mana dominasi Intel mulai berkurang.

Pada tahun 2005, CEO Paul Otellini mengorganisir kembali perusahaan Intel untuk kembali fokus pada bisnis utamanya yaitu processor dan chipset pada platformnya (enterprise, digital home, digital health, and mobility) di mana usaha ini dimulai dengan perekrutan lebih dari 20.000 pegawai baru.

Pada bulan September 2006, dengan alasan profit Intel yang terus menurun, perusahaan mengumumkan restrukturisasi dengan memecat 10.500 orang pekerjanya atau sekitar 10% dari total tenaga kerja Intel pada bulan Juli 2006. Salah satu lab penelitian Intel yang berlokasi di Cambridge University kemudian ditutup pada akhir tahun 2006.


SUMBER : http://prayfora.wordpress.com/revisi/intel-corporation/
                  http://comhf.blogspot.com/2012/03/sejarah-perusahaan-intel-corporation.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar