16 November 2012

Sedikit Tentang AMD


Advanced Micro Devices (AMD) didirikan pada tanggal 1 Mei 1969, oleh sekelompok mantan eksekutif dari Fairchild Semiconductor, termasuk Jerry Sanders III, Ed Turney, John Carey, Sven Simonsen, Jack Gifford dan tiga anggota dari tim Gifford, Frank Botte, Jim Giles, dan Larry Stenger. Perusahaan ini dimulai sebagai produsen chip logika, kemudian memasuki bisnis chip RAM pada tahun 1975. Pada tahun yang sama, ini memperkenalkan klon reverse-engineered dari mikroprosesor Intel 8080. Selama periode ini, AMD juga dirancang dan diproduksi serangkaian elemen prosesor bit-slice (Am2900, Am29116, Am293xx) yang digunakan dalam desain berbagai komputer mini.

Inovasi terus menerus dari AMD yang ingin menjadi market leader dalam pasar pembuatan prosesor computer telah menghasilkan berbagai jenis profuk yang memiliki standar terbaik di pasaran.

Dengan semakin meningkatnya citra AMD sebagai prosesor di dunia secara global, maka AMD mulai tertarik untuk mengembangkan jaringan bisnisnya. Salah satunya adalah dengan melakukan akuisisi dengan perusahaan pembuat chip grafis ATI pada 2006.

Pada bulan Oktober 2008, AMD mengumumkan rencana untuk spin off operasi manufaktur dalam bentuk usaha patungan bernilai miliaran dolar dengan Advanced Technology Investment Co, sebuah perusahaan investasi yang dibentuk oleh pemerintah Abu Dhabi. Usaha baru ini disebut GlobalFoundries Inc. Hal ini akan memungkinkan AMD untuk fokus hanya pada desain chip.


SUMBER : http://www.adipedia.com/2011/02/sejarah-berdirinya-perusahaan-amd.html 
                    http://id.wikipedia.org/wiki/Advanced_Micro_Devices

Tidak ada komentar:

Posting Komentar